Arti dan Perbedaan Low-End, Mid-End, dan High-End pada Smartphone

April 15, 2020

Arti dan Perbedaan Low-End, Mid-End, dan High-End pada Smartphone


Perbedaan dan arti dari Low-End, Mid-End, dan High-End pada smartphone?. Sebuah smartphone tentu memiliki ciri khas yang berbeda, memiliki spesifikasi yang beda pula. Itu semua karena masuk dalam kelas-kelas tersendiri.

Namun, kadang orang tidak tahu smartphone yang dibeli masuk dalam kelas apa. Padahal, dalam smartphone ada beberapa kelas yang berbeda seperti kelas Low-End, Mid-End, High-End, dan kelas Smartphone Flagship. 
Lalu apa perbedaan dan arti Low-End, Mid-End, High-End dan Flagship dalam kelas Smartphone?

Perbedaan dan Arti Low-End, Mid-End, High-End, dan Flagship
Dalam smartphone khususnya Android, sering kali mendengar smartphone kelas Low-End, Mid-End, High-End dan smartphone Flagship. Dalam kelas atau segmen tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda di setiap kelasnya. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada spesifikasinya seperti, Prosesor, RAM, Kamera, dan Desain. dalam segi harga, spesifikasi dan fitur juga berbeda dan sangat mempengaruhi kelas dari smartphone itu sendiri.

Dibawah ini perbedaan, arti dan ciri-ciri smartphone kelas Low-End-Mid-End, High-End, dan Flagship
  
Low-End pada Smartphone

Smartphone Low-End adalah Smartphone yang ditujukan untuk kelas pemula, yang tidak berharap pada fitur-fitur canggih. Tetapi, Smartphone kelas Low-End sudah memiliki fitur-fitur dasar seperti Internet, sudah ada kamera depan dan belakang, serta sudah mampu meng-instal Aplikasi populer seperti WA, FB dan lainnya.

Dengan performanya yang standar, tetapi itu tidak jadi masalah, yang terpenting bisa dibuat komunikasi sehari-hari dengan lancar.

Secara garis besar, ciri-ciri Smartphone kelas Low-End adalah sebagai berikut:
  •     Layar ukuran 4-4,5 inchi dengan resolusi standar dan bahan standar (TFT, bukan Super AMOLED ataupun IPS)
  •     Prosesor Dual – Quad Core dengan frekuensi kecil. (Contoh Snapdragon sari 2XX, Mediatek seri MT)
  •     RAM 512-1 GB
  •     Kamera belakang 2-5 MP, kamera depan VGA – 2 MP.
  •     Kualitas bahan rendah
  •     Harga baru berkisar dibawah 1 Jutaan
  •     Mayoritas belum mendukung jaringan 4G LTE

Mid-End Pada Kelas Smartphone

Sekarang ke kelas Mid-End. Arti dari Mid-End pada smartphone yaitu kelas menengah, pada segmen ponsel Mid-End ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang cukup oke. Kelas Mid-End sangat populer di negara berkembang, salah satunya di Indonesia.

Dengan harga di kisaran 5 Jutaan kebawah, ponsel kelas Mid-End ini lebih laris daripada smartphone kelas Low-End, High-End, apalagi Flagship.

Secara umum, inilah ciri-ciri smarphone kelas Mid-End
  •     Layar sudah menggunakan IPS, sebagian juga sudah memakai tipe AMOLED
  •     RAM sudah cukup besar, minimal 3GB, saat ini banyak yang sudah dibekali RAM 4-6GB
  •     Memori Internal sudah cukup besar, minimal 64GB
  •     Prosesor juga sudah lumayan oke, minimal Snapdragon 6xx atau Mediatek seri P
  •     Kamera belakang sudah sangat bagus minimal beresolusi 32MP
  •     Kamera depan juga sangat keren minimal beresolusi 16MP
  •     semua sudah suport jaringan 4G LTE
  •     Desain cukup mewah
High-End pada Smartphone

Arti High-End pada kelas smartphone yaitu Smartphone yang memang ditujukan bagi mereka yang menyukai fitur-fitur canggih, serta menginginkan desain yang mewah. Smartphone kelas High-End merupakan ponsel kelas atas yang memang memiliki fitur terbaik dan terbaru.

Di harga kisaran 7 Jutaan ke atas, ponsel ini memiliki spesifikasi yang sangat canggih. Kebanyakan mereka yang memakai smartphone kelas atas ini mereka yang memang menyukai game Online dan fotografi. Karena di dalam segmen ponsel High-End performa jeroannya sudah sangat mumpuni.

Di dalam kelas High-End ini, ciri-cirinya mudah sekali di ketahui. Asalkan smartphone tersebut memiliki spesifikasi di atas kelas Mid-End maka itu termasuk smartphone kelas High-End.
 
Smartphone Flagship

Nah, kalau yang sudah ber label kan Flagship, pasti Hp tersebut miliki orang kaya. Karena dalam kelas Smartphone, kelas Flagship merupakan kelas yang tertinggi.

Harga smartphone Flagship kebanyakan di atas Rp. 10 Jutaan. Tapi, dengan harga segitu setara dengan apa yang di dapatkan. Seperti contoh kebanyakan ponsel Flagship sudah dibekali spesifikasi prosessor Snapdragon 855+ sampai 865, Kamera super bening dan desain super mewah, serta sudah suport jaringan 5G.

Untuk ciri-ciri smartphone Flagship tidak perlu lagi di bahas, karena jika ponsel kamu harga barunya di atas 10 Juta maka itu termasuk smartphone kelas Flagship. Sebagai contoh Samsung seri Galaxy S10 dan di atas nya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »