Apa itu Daring dan Luring

April 01, 2020
Mengenal Daring dan Luring


Dalam Jaringan dan Luar Jaringan

Hal sederhana yang sebenarnya sehari-hari sudah akrab di telinga kita tapi belum kita ketahui karena keterbatasan informasi.daring dan luring ternyata sebenarnya adalah akronim. Daring sendiri sebenarnya merupakan akronim  dari dalam jaringan yang bisa juga diistilahkan dengan online. Sedangkan, luring adalah akronim dari luar jaringan, yang dapat dipadankan juga dengan istilah offline.
Wikipedia : Daring (bahasa Inggris: online) dan luring (bahasa Inggris: offline) memiliki makna tertentu dalam hal teknologi komputer dan telekomunikasi. Secara umum, "online" menunjukkan keadaan terhubung, sementara "offline" menunjukkan keadaan terputus. Daring juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi karena sudah terhubung ke sebuah internet.

Pengertian Daring

Pada umumnya pengertian daring atau online menyatakan konektifitas atau dalam penggunaan yang biasanya menyatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan internet atau World Wide Web menggunakan perangkat tertentu seperti komputer, gadget dan lain-lain.

Online atau Daring (dalam jaringan) juga menyatakan suatu kondisi pada suatu alat perlengkapan atau pada suatu unit fungsional. Dikatakan daring apabila memenuhi salah satu syarat :
  •     Dibawah pengendalian langsung dari alat yang lain.
  •     Dibawah pengendalian langsung dari sebuah sistem.
  •     Tersedia untuk penggunaan segera (real time)
  •     Tersambung pada suatu sistem dalam pengoperasiannya.
  •     Fungsional dan siap melayani

Pengertian Luring

Istilah Luring adalah kependekan dari “luar jaringan” yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia untuk istilah bahasa Inggris “offline“.

Istilah luring atau off-line lawan kata dari daring atau online yang biasanya menyatakan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan internet atau World Wide Web (www).

Penggunaan Daring dan Luring

Bahasa Indonesia sudah memiliki istilah online maupun online yaitu daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »