Apa Yang Dimaksud Pembelajaran Daring?

March 26, 2020 0 View
Apa Yang Dimaksud Pembelajaran Daring?

Era disrupsi Teknologi Iinformasi dan Komunikasi (TIK) memberi dampak dalam segala hal. Pada bidang pendidikan dampak dari disrupsi  Teknologi Iinformasi dan Komunikasi yaitu adanya pembelajaran dalam jaringan atau daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan peserta didik, tetapi dilakukan melalui online. Dalam pembelajarannya bisa saja dilakukan melalui video conference, e-learning atau distance learning. 
Dalam menghadapi era revolusi 4.0 dan university 5.0 pemerintah mencetuskan GEN-RI 4.0 yang salah satunya adalah dengan menarapkan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

Pembelajaran daring sendiri dapat di pahami sebagai pendidikan formal yang diselenggarakan oleh setiap institusi pendidikan yang peserta didiknya dan pengajarnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya.

Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran di seperti dalam kelas dapat diakses di rumah. Komunikasi 2 arah pada program pembelajran daring antara pengajar dan peserta didik akan semakin baik karena semakin banyaknya pilihan media komunikasi yang tersedia. Media komunikasi yang banyak memungkinkan pengajar memberikan perkuliahan secara langsung melalui online. Dan juga, pada proses selanjutnya, para siswa dapat membaca, melihat, serta memutar kembali video atau rekaman tersebut berulang kali sebagai materi pembelajaran bila mana ada materi yang susah untuk dipahami.

Siswa yang mengikuti pembelajaran daring dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga waktu dan tenaga yang tersisa dapat digunakan untuk hal-hal lainnya. Masa-masa yang juga dapat digunakan untuk  menggali potensi atau keterampilan dalam berbagai bidang selain dalam bidang akademik.

Persiapan Sistem Pembelajaran Daring

Untuk persiapan sistem pembelajaran daring, instansi pendidikan harus banyak melakukan persiapan, seperti pembenahan dan revitalisasi, baik dari segi infrastruktur, sarana prasana dan sumberdaya.

Memang untuk mengahadapi era digital harus dilakukan secepat mungkin karena teknologi tidak dapat dibendung. Persiapan yang harus di siapkan perguruan tinggi antara lain:

Sarana Prasarana, Salah satu yang harus disiapkan oleh instansi pendidikan adalah sarana prasarana, seperti platform dan dan juga tool (peralatan dan perlengkapan) yang dipakai oleh institusi pendidikan dalam melaksanakan kuliah daring, dan salah satu aspek fasilitas terpenting lagi yaitu data sekolah dan Informasi yang harus tersampaikan dengan baik untuk kalangan pendidik maupun yang dididik.

Bila di era yang tengah memasuki revolusi industri 4.0 ini masih terdapat permasalahan dalam penyaluran informasi yang terhalangi dikarenakan permasalahan pada Sistem yang belum mampu dimiliki bagi sebuah instansi pendidikan sangatlah tidak elok, langkah yang dapat dipilih yaitu dengan memanfaatkan teknologi cloud dalam penerapan sistem informasi di lingkungan instansi pendidikan.

SDM yang mumpuni, Untuk memanfaatkan program kuliah daring, tentu sekolah harus mempersiapkan SDM yang mengetahui tentang sistem yang akan digunakan, seperti mempersiapkan platform yang akan digunakan pembelajaran daring, dan juga mempersiapkan penanggung jawab bahan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran daring dan juga mempersiapkan kebutuhan lainnya.
 
Pembelajaran daring ini memang menjadi solusi, yang dapat menghemat waktu dan tenaga dari peserta didik maupun pengajar. Untuk siswa pembelajaran daring bisa saja tetap dilaksanakan selama 1 Minggu penuh, dimana para siswa harus menyelesaikan setiap modul pembelajaran yang sudah disusun dan di berikan oleh pengajar. Pembelajaran daring bukan lagi merupakan hal yang baru, baik bagi siswa maupun gurunya sehingga seharusnya tidak lagi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi.

Melek teknologi menjadi syarat bagi parasiswa dan guru yang melakukan pembelajaran secara daring, sehingga umur bukan alasan lagi untuk tidak melek teknologi. Kebanyakan dari siswa dan guru yang cukup senior baik dari usia maupun pengalamannya dalam mengajar, tetapi dalam hal penguasaan teknologi digital, belum tentu mereka lebih mahir bila dibandingkan dengan murid-muridnya atau dengan guru-guru milenial, selain kurang akrab dengan dunia digital, butuh perjuangan supaya dapat mengikuti pembelajaran daring.
Pembelajaran daring memang membutuhkan tanggungjawab, kemandirian dan ketekunan pribadi, karena tidak ada yang mengontrol selain dirinya sendiri. Mereka harus mendownload dan membaca materi, menjawab quiz/soal serta mensubmit tugas secara mandiri. Kapabilitas pembelajaran online akan memberikan kinerja siswa yang lebih bagus dibanding dengan pembelajaran konvensional, karena selain berpengetahuan mereka juga melek teknologi.

Pembelajaran daring memang memberikan media pembelajaran yang variatif seperti media video pembelajaran yang terhubung ke youtube, media video conference, media jurnal ilmiah atau topik yang tersistem secara digital. Tetapi kemajuan teknologi pembelajaran harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Seluruh civitas sekolah perlu segera beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring ini, sehingga perlu segera mengidentifikasi sebaran materi pembelajaran yang dapat diajarkan melaui sistem daring. Pemerintah juga perlu membuat kebijakan serta menyiapkan infrastruktur langit, sehingga pembelajaran daring betul-betul dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring ke depan tentunya  bukan hanya menjadi sistem pembelajaran di perguruan tinggi saja, tetapi juga dapat menjadi sistem pembelajaran di Sekolah sebagai tuntutan kemajuan pendidikan modern.

Perlu diingat juga bahwa sehebat apapun kemajuan teknologi pembelajaran tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga pembelajaran konvensional tetap dibutuhkan. Bagaimanapun pembelajaran tatap muka merupakan pengalaman pembelajaran terbaik yang pernah ada dan tidak bisa secara total digantikan dengan kemajuan teknologi apapun.

Belajar tidak perlu lagi kelas, tapi dilakukan secara borderless melalui Daring.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Followers