Buku Siswa Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 [Semester 1]

April 19, 2019
Buku Siswa Prakarya Kelas 7 
Kurikulum 2013 Revisi 2017
[Semester 1]


     Mata pelajaran prakarya terdiri dari aspek Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dasar 
pembelajaran prakarya yang berbasis budaya ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai kearifan lokal dan nilai jati diri sehingga tumbuh semangat atau nilai-nilai kewirausahaan dan sekaligus kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal. 

https://www.lwt.pw/PKR2
     Pokok bahasan dalam buku kelas VII SMP/MTs ini meliputi kerajinan serat dan kerajinan tekstil, rekayasa konstruksi miniatur rumah dan persambungan miniatur jembatan, budidaya tanaman sayuran dan tanaman obat, pengolahan bahan pangan buah dan hasil samping buah menjadi produk pangan makanan-minuman, serta pengolahan bahan pangan sayuran dan hasil samping sayuran menjadi produk pangan makanan-minuman. 

     Pembelajaran prakarya dikembangkan bedasarkan kekhasan daerah setempat disertai pemahaman terhadap latar belakang penciptaan budaya dan teknologi tepat guna. Melalui pembelajaran Prakarya akan memberi apresiasi kepada peserta didik tentang makna multi kultural. Oleh karenanya, mata pelajaran Prakarya masuk dalam konstelasi Kurikulum Pendidikan Indonesia sebagai mata pelajaran wajib yang secara umum diharapkan memberi sumbangan dalam mengembangkan kreativitas sumber daya manusia pada industri ekonomi kreatif yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan karakter bangsa.



Artikel Terkait

First